LKTI dan OXI

           LKTI merupakan Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat SMA/SMK/MA sederajat se-Kalimantan Barat yang dibuat dan disusun secara sistematis sesuai tema. LKTI mengacu pada sumber dan literatur terpercaya yang berisi solusi dari permasalahan yang ada. Tema LKTI kali ini adalah Melalui LKTI VI 2014 Kita Tingkatkan Inovasi Pelajar SMA/SMK/MA Dalam Usaha Optimalisasi Potensi Alam Bahari Kalimantan Barat Berbasis Ilmu Kimia. Selain LKTI ada juga OXI (Olimpiade Ekspo Kimia) yang merupakan suatu karya tulis dimana telah terbukti dengan dilakukannya penelitian oleh peserta secara langsung . Disini Peserta melakukan suatu penelitian untuk menjawab berbagai permasalahan yang ada dan dibantu oleh guru pembimbing . OXI ini merupakan Olimpiade Ekspo Kimia pertama yang dilaksanakan . Pada tahun sebelumnya LKTI selalu berdampingan dengan LDK yang merupakan Lomba Debat Kimia . Pada tahun ini LDK ditiadakan / dihapuskan , karena dengan pertimbangan bahwa ilmu kimia adalah ilmu pasti dan tidak perlu untuk diperdebatkan. Adapun Tema dari OXI itu sendiri , yaitu Inovasi Pengolahan Sumber Daya Air Berbasis Ilmu Kimia Guna Mewujudkan Masyarakat Kal-Bar Sehat Dan Sejahtera.
         Dipilihnya kedua tema untuk LKTI/OXI ini  karena  mengacu pada tema besar LBSK , yaitu Tentang Perairan . Seperti yang kita  ketahui bahwa kondisi perairan di Kalimantan Barat khususnya kota Pontianak sudah banyak tercemar oleh limbah-limbah dan logam berat dari industry , pabrik-pabrik dan lain sebagainya . Jadi diharapkan dengan dilaksanakannya  LKTI dan OXI ini dapat menambah wawasan para pelajar agar pencemaran air dapat ditanggulangi .
         Tujuan utama dilaksanakannya LKTI/OXI adalah untuk mengenalkan dunia riset sederhana sejak dini kepada siswa/siswi SMA/SMK/MA sederajat se-Kalimantan Barat. Menumbuhkan kecintaan pada dunia kepenulisan ilmiah berbasis ilmu kimia dan kecintaan pada alam disekitarnya juga memberikan wawasan yang lebih luas . Target yang ingin dicapai dalam LKTI/OXI kali ini adalah mendapatkan jumlah peserta yang banyak dan bisa memperkenalkan dunia riset khususnya buat OXI yang baru tahun ini diadakan
     


Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal LBSK

Lomba Bidang Studi Kimia (LBSK) Ke- XVIII